Ekonomi Bisnis

KAI serta Kemenhub operasikan KA PSO bermacam rute dalam Jawa-Sumatera

Ibukota Indonesia – PT Kereta Api Nusantara bersatu Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengoperasikan layanan kereta api public service obligation (PSO) bervariasi rute dalam Pulau Jawa serta Sumatera.

Vice President Public Relations PT Kereta Api Negara Indonesia (KAI) Anne Purba mengutarakan bahwa KAI terus berjanji menghadirkan layanan transportasi yang dimaksud terjangkau juga berkualitas bagi masyarakat, salah satunya melalui beraneka layanan kereta api PSO.

"Sebagai bentuk pelayanan masyarakat yang mana sejalan dengan Astacita, KAI bersatu Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub masih menyediakan banyak kereta api PSO jarak sangat jauh dengan tarif yang terjangkau di dalam berubah-ubah rute dalam Jawa lalu Sumatera," kata Anne di keterangannya di dalam Jakarta, Selasa.

Dia memaparkan sepanjang tahun 2024, total pelanggan kereta api PSO mencapai 16.492.750 penumpang. Sementara selama Januari 2025, jumlah agregat pelanggan kereta api PSO tercatat sejumlah 1.469.309 penumpang, mengalami kenaikan 11,49 persen dibandingkan periode Januari tahun 2024 beberapa 1.317.833 penumpang.

"Angka yang disebutkan menunjukkan tingginya minat warga pada layanan kereta sektor ekonomi bersubsidi yang dimaksud tetap memberikan kenyamanan lalu keamanan di perjalanan," ujarnya.

Anne mengungkapkan bahwa layanan kereta api PSO merupakan bagian dari upaya PT KAI di memperkuat perekonomian rakyat dengan menyediakan transportasi yang tersebut aman, nyaman, kemudian ekonomis.

Kereta api kegiatan ekonomi bersubsidi itu memberikan akses mobilitas yang digunakan lebih banyak luas bagi masyarakat, khususnya mereka yang dimaksud membutuhkan moda transportasi efisien dan juga hemat biaya.

"KAI terus berjanji untuk meningkatkan layanan agar penduduk dapat menikmati perjalanan yang berkualitas,” tutur Anne.

Dia menambahkan bahwa KAI kemudian DJKA Kemenhub mengoperasikan beberapa kereta api PSO jarak sangat dengan tarif yang sangat terjangkau di dalam beraneka rute, antara lain KA Kahuripan (Blitar–Kiaracondong pergi-pulang/PP), KA Bengawan (Purwosari–Pasar Senen PP), KA Sri Tanjung (Lempuyangan–Ketapang PP), KA Airlangga (Surabaya Pasar Turi–Pasar Senen PP), lalu KA Serayu (Purwokerto–Kroya–Pasar Senen PP).

Selain itu, KA Kutojaya Selatan (Kutoarjo–Kiaracondong PP), KA Tawang Alun (Ketapang–Bangil–Malang Pusat Kota Lama PP), KA Bukit Serelo (Kertapati–Lubuklinggau PP), KA Ekspres Rajabasa (Kertapati–Tanjungkarang PP), KA Putri Deli (Tanjungbalai–Medan PP), KA Probowangi (Ketapang–Probolinggo–Surabaya Gubeng PP), KA Kuala Stabas (Baturaja–Tanjungkarang PP), kemudian KA Cikuray (Garut–Pasar Senen PP).

Dengan adanya kereta api PSO, tambah Anne, penduduk dari bermacam lapisan sektor ekonomi dapat menikmati layanan transportasi yang dimaksud andal juga nyaman. Tidak hanya sekali itu, keberadaan kereta api PSO juga menggalang perkembangan kegiatan ekonomi ke daerah-daerah yang dimaksud dilaluinya juga membuka potensi bisnis bagi komunitas sekitar.

Selain itu, kereta api PSO juga memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat luas. Dengan tarif yang digunakan lebih banyak murah, kalangan pelajar, pekerja, serta pelaku perniagaan kecil dapat bepergian dengan lebih banyak hemat sehingga dapat mengalokasikan anggaran mereka untuk keinginan lain.

"Ketersediaan kereta dunia usaha yang digunakan berkualitas juga berubah jadi bagian dari upaya pemerintah pada menggerakkan pengaplikasian transportasi massal yang lebih banyak ramah lingkungan," kata Anne.

Sebagai wujud komitmen untuk keberlanjutan lalu inklusifitas, PT KAI akan terus berinovasi pada memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan.

KAI juga akan memverifikasi bahwa setiap perjalanan kereta api tak hanya saja mengutamakan aspek keselamatan serta kenyamanan, tetapi juga berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian yang tersebut lebih besar merata.

Dengan semangat Astacita, KAI berupaya menjadikan layanan transportasi yang tersebut lebih besar inklusif, berdaya saing, dan juga berorientasi pada kepentingan rakyat luas.

"Melalui kereta api PSO, KAI tidaklah semata-mata menyediakan layanan transportasi yang tersebut terjangkau, tetapi juga membantu pertumbuhan perekonomian kerakyatan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup komunitas Indonesia," kata Anne.

Artikel ini disadur dari KAI dan Kemenhub operasikan KA PSO berbagai rute di Jawa-Sumatera

Related Articles

Back to top button